Pengertian dan Niat Sholat Tahiyatul Masjid


Pada kesempatan hari ini saya akan berbagi kepada anda tentang Pengertian dan Niat Sholat Tahiyatul Masjid mungkin bagi beberapa orang masih asing dengan sholat tahiyatul masjid ini. Maka dari itu saya akan berbagi kepada anda tentang sholat ini, dan jangan lupa sebelum masuk masjid kita di sunnahkan untuk membaca Doa Masuk Masjid, mari langsung saja kita simak apa itu sholat tahiyatul masjid ?

Pengertian Tahiyatul Masjid :

Yang dimaksud dengan shalat Tahiyyat masjid (Tahiyatul Masjid) adalah shalat yang dimaksudkan untuk penghormatan terhadap masjid sebagai rumah Allah (rumah untuk beribadah kepada Allah) yang biasa dikerjakan orang-orang yang masuk masjid untuk mengerjakan shalat berjamaah, baik siang maupun malam setiap masuk masjid disunnahkan untuk shalat tahiyyat masjid. 

Rasulullah SAW bersabda :

 “Maka bila salah seorang diantara kalian masuk masjid, maka janganlah duduk sebelum (mengerjakan) shalat dua rakaat (terlebih dahulu)”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Sedangkan cara mengerjakan shalat tahiyyat masjid adalah sebagaimana sama shalat sunnah lainnya, hanya berbeda dalam niatnya saja.

Niat Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid


USHOLLI SUNNATA TAHIYYATAL MASJIDI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA. ALAAHU AKBARU. 


Artinya :“Saya berniat shalat Tahiyyat Masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar”.
 Sementara mengenai bilangan rakaat shalat sunnah Tahiyatul Masjid adalah cukup dua rakaat saja.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
“Dan dari Jabir ra, berkata : “Saya telah datang kepada Nabi SAW dan beliau berada di Masjid, maka beliau bersabda (kepadaku) : Shalatlah”. (HR. Bukhari dan Muslim). 
 Dan sabdanya lagi :
“Dari Abu Qotadah ra telah berkata : “Rasulullah SAW bersabda : “apabila salah seorang diantara kalian masuk ke masjid, maka janganlah ia duduk sehingga ia mengerjakan shalat dua rakaat”. (HR. Bukhari dan Muslim).
 Dua hadist tersebut memberikan pengertian pada kita, bahwa shalat tahiyyat masjid benar-benar diperintahkan untuk mengerjakannya sebagai penghormatan terhadap masjid, yang mana masjid adalah Baitullah (rumah Allah artinya rumah untuk tempat ibadah kepada Allah) di ibaratkan kita masuk ke rumah orang lain harus bersalam terlebih dahulu sebagai penghormatan terhadap yang punya rumah.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan ke pada anda semoga bermanfaat. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates: