Keistimewaan Melakukan Sholat Subuh

Keistimewaan Melakukan Sholat Subuh

Keutamaan Melakukan Sholat Subuh - Subuh adalah waktu yang sangat istimewa. Begitu istimewanya waktu subuh sehingga Allah SWT menurunkan perintah untuk sholat Subuh sebagaimana diterangkan dalam Al Qur’an surat Al-Isra’ ayat 78
“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula sholat Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat”.
Panggilan azan untuk sholat Subuh berbeda dengan azan untuk sholat fardhu lainnya. Tambahan kalimat “ashsholatu khoirun minan naum” yang artinya sholat itu lebih baik dari pada tidur mempertegas bahwa sholat Subuh memiliki keistimewaan tersendiri. Sholat Subuh adalah sholat wajib yang jumlah rakaatnya paling sedikit di antara sholat fardhu lainnya yaitu hanya 2 rakaat. 

Keutamaan Sholat Subuh antara lain :

1. Membuka jalan rezeki

Keajaiban pertama sholat Subuh yaitu membuka jalan rizki. Diriwayatkan dari Ali bin Abu Thalib RA : selepas sholat Subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur, maka Beliau membangunkannya dan mengatakan :
“hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi – bagikan rizki para hamba antara sholat Subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri). 
Dalam hal ini bukan berarti bahwa seorang hamba yang sudah melaksanakan sholat Subuh kemudian serta merta memperoleh uang atau makanan, namun barangsiapa yang bangun di awal hari kemudian melaksanakan sholat Subuh tepat waktu maka mereka termasuk pada orang - orang yang taat kepada Allah  sehingga Allah akan menjaganya sepanjang hari dan memberikan kemudahan dalam menjalani segala urusannya. Dari sisi psikologi seseorang yang bangun lebih awal akan merasakan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas kesehariannya, dengan demikian jelas bahwa muslimin yang melaksanakan sholat Subuh akan mendapatkan energi positif yang mendorongnya untuk bekerja keras dan menjemput rezekinya. maka dari itu orang tua dulu sering berkata jangan bangun siang nanti rezeki dipatok ayam.

2. Menghindarkan dari api neraka

Sholat Subuh juga merupakan penyelamat seseorang dari neraka. HR. Muslim menerangkan Rasulullah bersabda :
“Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya”.
Dari hadist tersebut Rasulullah menjamin dengan izin Allah bagi muslim yang memelihara sholat Subuh dan sholat Ashar, maka tidak akan masuk neraka dan apabila telah berada di surga maka pemelihara sholat Subuh akan diberi kenikmatan yang tidak ada tandingannya yaitu melihat wajah Allah yang mulia.

3. Sholat rawatib Subuh lebih baik dari seluruh isi dunia

Begitu tinggi keutamaan sholat Subuh sehingga Rasulullah pun meninggikan sholat sunnah 2 rakaat sebelum sholat Subuh atau dikenal juga dengan istilah sholat rawatib qobliah Subuh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“sungguh 2 rakaat itu sebelum Subuh lebih aku cintai daripada seluruh dunia” (HR. Muslim).

4. Turunnya Nabi Isa AS ke bumi

Sebuah peristiwa besar di akhir zaman pun akan terjadi pada waktu Subuh yaitu turunnya Nabi Isa AS ke bumi. Diriwayatkan dari Abu Umamah Al Bahili, Rasulullah bersabda :
“Imam mereka adalah laki – laki yang soleh. Ketika pemimpin mereka hendak maju ke depan untuk mengimami dalam sholat Subuh tiba – tiba turunlah Isa bin Maryam. Maka mundurlah imam mereka ke belakang supaya Isa maju untuk mengimami sholat. Isa lalu meletakkan tangannya di antara dua bahunya (pemimpin mereka) sambil berkata, ‘majulah engkau dan pimpinlah sholat, karena sesungguhnya ia ditegakkan untuk kalian’. Akhirnya pemimpin mereka pun mengimami mereka sholat dan ketika sholat telah usai Isa berkata ‘bukalah pintu” (HR. Ibnu Majah).

5. Mencegah penyakit jantung

Selain sebagai penyelamat, sholat Subuh sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar terjadi pada jam 6 pagi sampai dengan jam 12 siang. Pada saat itu dalam system tubuh terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis dan terjadi penurunan tegangan saraf parasimpatis. Kenaikan tegangan saraf simpatis akan menurunkan tekana darah sehingga denyut jantung melambat, aliran darah pun lebih banyak ke daerah perut sehingga mengakibatkan perasaan kantuk dan kecenderungan untuk beristirahat. Sementara mulai pukul 3 dinihari sampai dengan siang dengan tiba – tiba tekanan darah berangsur naik meskipun dalam keadaan tidur dan keadaan ini terjadi pada setiap manusia termasuk bayi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Furchgott, Ignarro, dan Murad menemukan zat nitrit oksida yang selalu diproduksi oleh tubuh manusia meskipun dalam keadaan tidur yang fungsinya untuk memperlebar atau mengembangkan pembuluh darah agar peredaran darah menjadi lancar. Nitrit Oksida atau disingkat NO juga berfungsi mencegah pembekuan darah. Produksi zat NO dapat ditingkatkan dengan aktivitas bergerak atau berolahraga. Nah, apabila seorang hamba bangun mulai pukul 3 dini hari kemudian berwudhu dan melaksanakan sholat malam dan dilanjutkan dengan berjalan ke masjid untuk sholat Subuh maka produksi NO di dalam tubuhnya akan meningkat sehingga dirinya akan terhindar dari risiko serangan jantung, Subhanallah.

Sholat Subuh menjadi tolak ukur keimanan seorang hamba. HR Ahmad menerangkan, Rasulullah bersabda :
“Sholat terberat bagi orang – orang munafik adalah sholat Isya’ dan sholat Subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala dari kedua sholat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak”.
Sholat Subuh bukan hanya menjanjikan hadiah dan jaminan dari Allah SWT, namun Allah juga mengancam keras orang – orang yang meninggalkan sholat Subuh. Siksa yang sangat pedih bagi orang – orang yang meninggalkan sholat yaitu menghadapi sakaratul maut dalam keadaan hina kemudian meninggal dalam keadaan sangat lapar dan haus. Ketika di dalam kubur masih akan ditambah siksa kubur berupa kubur yang sempit dan gelap serta disiksa terus hingga datangnya hari kiamat.  Ketika datangnya hari kiamat pun masih mengalami kesusahan karena dibelenggu oleh malaikat, tidak akan dipandang oleh Allah dengan kasih sayang, tidak akan diampuni dosa – dosanya dan mendapat azab yang pedih lagi di neraka, na’udzubillah tsumma na’udzubillah. Semoga kita senantiasa memelihara sholat Subuh dan sholat fardhu lainnya.

Subscribe to receive free email updates: