--> .

Pengertian Sholat Taubat Dan Tata Cara-Nya



Assalammualaikum Wr. Wb
Kali ini saya akan membahas tentang Sholat Taubat, yang dimaksud dengan sholat taubat adalah sholat yang dilakuan/dikerjakan bagi orang-orang yang menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan bersumpah tidak akan melakukan nya lagi.
Dalam Al-Qur'an banyak dibahas tentang perintah untuk bertaubat agar taubatnya mancapai taubat nasuha ( yang sebenar-benarnya )maka ada kalanya disertai berpuasa, bersodaqoh maupun dengan sholat.

Cara melakukan sholat taubat antara lain :

  1. Sholat taubat seperti sholat fardhu baik bacaanya maupun gerakannya.
  2. Niat sholat taubat : Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lilaahi ta'aalaa.
  3. Dikerjakan seorangan/sendiri
  4. Dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak enam rakaat
  5. Setelah melakukan sholat taubat hendak lah membaca istighfar.
Bacaan setelah mengerjakan sholat taubat :

Astaghfirullaahal'azhiim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.

Artinya:
"Saya mohon kepada allah yang maha agung,Dzat yang tiada tuhan melainkan hanya dia yang maha hidup lagi berdiri sendiri. aku bertaubat kepadanya."

Atau juga anda bisa membaca istighfar dibawah ini :

Allaahumma anta rabb laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana abduka wa anaalaa ahdika wawa dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu-ulaka bini matika alayya wa abuu-u bidzambi faghrirli fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya :
"Wahai tuhanku, engkau adalah tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya engkau, engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hambamu, danaku dalam ketentuan dan janjimu yang engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku. Karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan meainkan engkau tuhanku. Sesungguh -nya aku berlindung kepadamu dari kejahatan yang telah aku perbuat.

Dan itu lah pengertian sholat taubat dan tata cara-nya.
Sekian dari saya Terima Kasih, Bila ada kesalahan atau apapun itu silahkan komen saja

0 Response to "Pengertian Sholat Taubat Dan Tata Cara-Nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel