--> .

Pengertian Sholat Istikharah dan Tata Caranya

Adalah tabiat manusia manakala dihadapkan pada dua pilihan atau lebih yang sangat sulit atau di luar kemampuan analisanya untuk memilih, maka ia cenderung meminta pertolongan dari kekuatan supra natural atau mencari tanda-tanda dari alam dalam menentukan pilihannya.
Ketika datang Islam, kebiasaan itu diluruskan dengan diajarkannya shalat Istikharah. Istikharah artinya meminta pilihan. Sholat istikharah adalah shalat untuk meminta pilihan kepada Allah.

Pengertian Sholat Istikharah dan Tata Caranya

Pengertian Istikharah

Sholat Istikharah adalah sholat yang bertujuan untuk mendapatkan dari Allah SWT atau mohon untuk dipilihkan salah satu diantara dua hal atau lebih, untuk menghilangkan kebimbangan agar hati mantap tidak timbul rasa kecewa dikemudian hari.
Kesimpulannya adalah Sholat istikharah aitu sholat yang dilakukan saat kita sedang ragu untk membuat pilihan karena waktu kita sedang ragu ditengah-tengah keraguan kita ada setan.

Agar mendapatkan kabar baik dari Allah kita sebaiknya melalakukan :
  • Puasa sunah sebelum kita melakukan sholat istikharah
  • Banyak shodaqoh dan melakukan banyak amal sholeh
  • Sebelum melakukan istikharah perbanyak lah istigfar
  • Dan membaca niat istikharah :
Ushalli sunnatal istikhaaratinrak'ataini lillaahi ta'aalaa
Artinya :
"Saya niat sholat istikharah dua rakaat karena allah ta'ala"

Bacaan/Do'a Setelah Salat Istikharah :

Allaahumma innii asta-khiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as'aluka min fadhikal 'azhiim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta'allamul ghuyyub. Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amra khairun lii fi diinii wa ma'aasyii wa'aaqibatu amrii faqdurhu lii wa yassirhu lii, tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta'lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqibatii amrifash rifhu 'anni washrifnii 'anhu waqdurliyal khaira tsumma ardhinii bihii.
Artinya :
"Ya allah sesungguh-nya aku mohon petunjukmu yang baik dengan pengetahuan mu, dan aku mohon kekuatan dengan kekuatan mudan aku mohon kemurahan mu yang luas, karena sesungguh-nya engkau maha kuasa dan aku tidak memiliki kekuasaan itu,lagi pula engkau mengetahui yang ghaib-ghaib, dan bila engkau tahu sesungguh-nya hal ini baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan masa depanku, maka pastikan dia padaku dan mudahkan dia padaku,  kemudian berikan berkah padanya. Dan engkau mengetahui bahwasanya kejahatan bagikubuat agamaku, buat hidupku, dan buat hari kemudianku, maka jauhkan lah dariku, dan jauhkan lah  aku darinya, dan berilah kebaikan padaku, dimana saja aku berada kemudian jadikanlah aku orang yang ridho dengan pemberian itu."
  • Shalat Istikharah perlu diulang-ulang agar mendapat petunjuk kabar yang baik dan memantapkan hati dan pikiran
  • Sebaiknya sholat istikharah dilakukan pada malam hari seperti sholat taubat agar lebih khusu
jika anda tidak tau sholat taubat silahkan kunjungi postingan saya tantang Pengertian sholat taubat dan tata cara-Nya
Sekian dari saya semoga bermanfaat jika ada kekurangan silahkan komen saja, Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel