Doa Nikah dan Sesudah Nikah

Doa NIkah dan Sesudah Nikah

Doa Nikah dan Sesudah Nikah - Niikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara nikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

Menikah telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadits karena nikah merupakan cara agar populasi manusia terus berkembang dan manusia tidak merasa kesepian dengan seorang diri saja maka dari itu allah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Seperti dalam Hadits Nikah dan Surah ini :

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba - hamba sahayamu yang perempuan." (Q.S.An Nuur: 32
“Wahai para pemuda, barang siapa di antara kalian sudah mampu secara materi dan jasmani maka menikahlah karena hal itu bisa menjaga mata dan kemaluan, maka barang siapa tidak mampu hendaknya ia berpuasa karena puasa terdapat obat.” (H.R. Muttafaqun Alaih
“Menikahlah kamu dengan wanita al-waduud, al-waluud, maka sesungguhnya aku adalah orang yang banyak ummatnya nanti pada hari kiamat." Menikah merupakan elemen yang paling penting dalam tatanan kehidupan disamping satu kewajiban yang signifikan. Nikah juga sebagai pagar bagi komunitas manusia dari kepunahan dan juga sebagai pondasi nilai seseorang di lingkungan sosial. Dalam hadits Rasul SAWdisebutkan: “Cintailah orang yang baik dan wanita di duniamu dan kamu menjadikannya ketenangan dalam shalat. " (H.R.Ahmad, Nasai' dan Hakim)

Doa saat menikah Q.S.17 (Al Isra’) ayat 80 :

رَّبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلْطَاناً نَّصِيراً

“Ya Tuhan-ku, masukkanlah dengan cara yang baik dan keluarkanlah (pula) aku dengan cara keluar yang baik dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong”.

Doa sesudah menikah semoga semua urusan lancar Q.S.18 (Al Kahfi) ayat 10 :

… رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَداً

”Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”

Subscribe to receive free email updates: