Manfaat dan Keistimewaan Surah Yusuf

Manfaat dan Keistimewaan Surah Yusuf

Manfaat dan Keistimewaan Surah Yusuf - Surah Yusuf  adalah surah ke-12 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 111 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Surah ini dinamakan surah Yusuf adalah karena titik berat dari isinya mengenai riwayat Nabi Yusuf. Riwayat tersebut salah satu di antara cerita-cerita gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat bagi dia, sedang dia sebelum diturunkan surah ini tidak mengetahuinya. Menurut riwayat Al Baihaqi dalam kitab Ad-Dalail bahwa segolongan orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mereka mendengar cerita Yusuf ini, karena sesuai dengan cerita-cerita yang mereka ketahui. Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad mengambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan merupakan penghibur terhadap dia dalam menjalankan tugasnya.

Rasulullah saw bersabda :
“Ajarkan surat yusuf pada budak-budakmu, dikarenakan seorang muslim yang membaca serta mengajarkannya pada keluarga serta budaknya, allah dapat berikan kemudahan waktu sakratul mautnya serta memberinya kemampuan supaya sebagai seoramg muslim tidak dihasud. ” ( tafsir majmu’ul bayan )

Imam ja’far ash-shadiq berkata :
“Barangsiapa yang membaca surat yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba allah yang sholeh serta pilihan. ” beliau juga menyebutkan bahwa penyataan ini juga termaktub didalam kitab taurat. ( tafsir ats-tsaqalayn 2 : 408 )

Hukum Membaca Surah Yusuf bagi Perempuan/Wanita

Imam ali bin abi thalib berkata :
“Janganlah anda mengajarkan surat yusuf pada isterimu ( juga anak perempuanmu ), serta jangan sampai mereka membacanya, dikarenakan didalamnya ada fitnah. sampaikan pada mereka ( isteri anak wanita ) surat an-nur, dikarenakan didalamnya ada nasehat-nasehat. ” ( tafsir ats-tsaqalayn 2 : 408 )

Imam muhammad al-baqir berkata :

“makruh hukumnya untuk wanita pelajari surat yusuf. ” ( tafsir ats-tsaqalayn 2 : 408 )

imam ja’far ash-shadiq berkata bahwa anaknya dulu berkata :
“Demi allah, saya tidak lakukan pada beberapa anakku, mendudukkan pada pangkuanku, serta tidak dulu tentukan kasih, meskipun kebenaran ada pada seorang anakku serta beberapa yang lain menampiknya. perihal ini supaya tidak berlangsung layaknya perlakuan saudaranya pada yusuf. surat yusuf tidak diturunkan jika layaknya itu supaya beberapa kita tidak menghasud beberapa yang lain layaknya yusuf dihasud serta dizalimi oleh saudaranya…” ( tafsir ats-tsaqalayn 2 : 408 )

Umumnya saran ini datang dari orang tua atau ulama tradisional yang tetap meyakini mitos-mitos. Baiknya anda tahu kandungan ke-2 surat ini hingga bisa menyimpulkan kebenaran saran tersebut.

Kandungan Surat Yusuf

cerita sangat menonjol didalam surat ini yaitu cerita nabi yusuf yang disingkirkan oleh saudara-saudaranya dikarenakan mereka jadi dengki atas kelebihan yusuf. yusuf diajak menggembala domba lantas di perjalanan mereka memasukkan yusuf ke dalam sumur. yusuf lantas ditemukan oleh seorang musafir serta di bawa ke mesir.

Keistimewaan Surah Yusuf ayat 4

Sahabat muslim, al-quran adalah di antara anugerah dari allah swt pada seluruh umat islam yang tidak ternilai harganya. tidak hanya jadi dasar hidup, tetap masih banyak sekali faedah dari al-quran untuk seluruh manusia terlebih kaum muslim.

Doa agar mendapatkan jodoh bisa juga membaca surah yusuf ayat ke 4 ini. terlebih yang telah berusia cukup untuk menikah tetapi anda belum juga diberikan jodoh oleh allah swt. maka dari itu menurut saya tak ada salahnya bila ayat ke empat dari surat yusuf ini diamalkan oleh anda.

إِذۡ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَـٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيۡتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبً۬ا وَٱلشَّمۡسَ وَٱلۡقَمَرَ رَأَيۡتُہُمۡ لِى سَـٰجِدِينَ

Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Was Syamsa Wai Qamara Ra aituhum Lii Sajidin
Artinya:
[Ingatlah], ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (Yusuf:4)

Caranya:
  1. Dibaca 3 kali kemudian sapu ke muka wajah.
  2. Amalan ini juga sesuai bagi mereka yang berat jodoh.


Catatan :

Jangan membaca tanpa memisahkan ayat tersebut. Surah Yusuf ayat 4 dibaca sehingga selesai, kemudian berhenti sebentar dan teruskan membaca keratan surah Thaahaa ayat 39. Jangan disambungkan terus dengan bacaan surah Yusuf tadi.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Manfaat dan Keistimewaan Surah Yusuf"

  1. APAKAH BOLEH PEREMPUAN MEMBACA DOA NABI YUSUF TERSEBUT?

    ReplyDelete
  2. Sila baca kata Imam ali bin bin thalib dan imam Muhammad albaqir. Untuk penjelasan lanjut. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. ka mksud catatan apa sya kurang menggerti,, mhon di perjelas,, ok mksih

    ReplyDelete
  4. Salam.

    Saya pulangkan apa sahaja yang saya ambil daripada tuan/puan dan kepunyaan tuan/puan yang ada pada diri saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  5. semua ayat alquran kita pelajari,,untuk lebih baiknya bagi wanita lebih memperdalam surah an-nur tks

    ReplyDelete
  6. aku perempuan dan suka surah yusuf malah pngen ngapalin itu gimana?

    ReplyDelete
  7. Boleh nih mas doanya nabi yusuf biar ane keliahatan lebih ganteng dan lebih ringan jodohnya dan dapet yang cantik, manis dan peduli dengan ane.

    http://fordigo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. boleh mengamalkan asal tujuannya untuk allah

    ReplyDelete
  9. Nak Tanya boleh tak kalau baca surah Yusuf ayat 4 dengan surah Thaahaa 39 untuk mendapat kekasih lama kita...

    ReplyDelete
  10. Yang kedua macam mana nak doa orang kita x pernah jumpa tapi kita nak dia jodoh kita dekat sosial seperti Facebook, whatsapp , wechat Dan lain²

    ReplyDelete