--> .

Niat Sholat Tahajjud Dan Tata Cara-Nya



Asslammualikum Wr. Wb
Maaf baru posting lagi kemarin saya tidak ada pulsa modem nya, Setelah kemarin saya membahas tentang Doa setelah Sholat. Kali ini saya akan membahas tentang Niat Sholat Tahajud dan Tata Cara-Nya. Mungkin diantara kalian belum ada yang tau tentang sholat ini atau yang sedang belajar maka dari itu saya akan berbagi kepada anda

Pengertian Sholat Tahajud
Adalah sholat yang dilakukan pada tengah malam antara sholat dan sholat subuh setelah bangun tidur, jika ingin solat tahajud kita diharuskan untuk tidur terlebih dahulu, adapun sholat ini dilakukan sedikit-Nya dua raka'at.

1).  Niat Sholat Tahajud

Ushalli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya :
"Saya niat sholat sunah tahajjud  dua raka'at karena Allah ta'ala"

Bacaan Sholat Tahajjud :

  • Pada raka'at pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca salah satu surat Al-Qur'an misal-Nya QS Al-Baqarah ayat : 284-286
  • Pada raka'at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca salah satu surat Al-Qur'an misal-Nya QS Ali Imran ayat : 16 - 19
Jika ayat-ayat tersebt belum hafal anda boleh membaca ayat-ayat lain yang sudah anda hafal.

2). Doa Setelah Sholat Thajjud :

Allahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna walakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi waman fiihinna wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi wa lakal hamdu antal haaqqu, wa wa dukal haqqu, walliqa-uka haqqu. Wa qauluka haqquw wal jannatu haqqu, wannaaru haqqu, wan nabiyyuna haqquw wa muhammadun shallahullaahu alaihi wa sallama haqquw was saa'atu haqqu. Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wamaa akhkhartu wama asrartu wamaa 'alantu antal muqaddimu wa antal mu'akhiru laa illaaha illaa anta wa laahaula walaa quwwata illa billaah.

Artinya :
"Ya Allah, ya tuhanku, hanya bagi engkau segala puji-pujian, engkau penegak langit dan bumi, dan alam semesta serta isinya dan hanya kepada engkau segala puji-pujian, hanya bagi engkaulah kerajaan langit dan bumi dan ada yang didalamnya. Dan hanya engkaulah segala puji, cahaya langit dan bumi, dan hanya bagi engkau segala puji. Engkau lah yang hak dan janji mu adalah benar dan bertemu dengan engkau adlah benar. dan firmanmu adlah benar dan syurga itu adalah benar Dan neraka itu adalah benar, dan nabi-nabimu adalah benar dan nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat itu adlah benar,  ya Allah ya tuhanku, Hnaya bagi engkau aku Islam dan dengan engkau aku beriman,dan dengan engkau aku beriman dan hanya kepada engkau aku berserah diri dan kepada engkau aku kembali, dan hanya kepada engkau aku rindu , da kepada engkau aku berhukum, ampunilah aku atas kesalahan ( dosa ) yang lautan yang akan datang dan dari dosa yang samar dan nyata engaku tuhan yang terdahulu dan tuhan yang terakhir tidak ada yang disembah hanya engkau  dan tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan engkaku"

3).  Kemudian membaca istigfar ( mohon ampun ) sebagai berikut doa-nya :

Astagfirullaahal adziim wa atuubu ilaih,. Allaahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa 'abduka, wa anna 'alla 'ahdika wawa'dika mastatha'tu a'uudzubika min sarrimaa shana'tu abuu-ulaka bini matika 'alayya, wa abuu ubidzambi fagfirli, innahu laa yagfirudz dzunuuka illa anta.

Artinya :
"Saya mohon perlindunganmu serta janjimu apa yang dapat saya lakukan, saya mengakui kenikmatanyang telah engkau limpahkan kepada saya. Dan saya mengakui akan dosa saya, karena itulah berilah ampunan kepada saya, karena sesungguhnya tidak ada yang memberikan penganmpunan kecuali engkau."

Jika ingin tidur kembali di anjurkan untuk membca doa sebagai berikut :

  1. Ayat Qursyi
  2. Surat Al-Ikhlas
  3. Surat Al-Falaq
  4. Surat An-Nas
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda jika ada kekurangan silahkan komentar saja
Sekian dan Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel