Hal-hal Penghambat Rezeki

Hal-hal Penghambat Rezeki

Hal yang Menghambat Rezeki dalam Islam - Setiap manusia pasti ingin merasakan rezeki yang melimpah rezeki yang halal, tapi ingatlah bahwa rezeki itu bukan hanya soal materi seperti harta melainkan rezeki yang diberikan oleh allah ada banyak. Misalnya rezeki hidup, rezeki diberi kesehatan, rejeki diberi umur panjang, dan masih banyak rezekiyang diberikan oleh allah.

Tapi dalam dunia ini tidak bisa dipungkiri kita sebagai manusia memerlukan rezeki berupa uang agar bisa menafkahi keluarga kita. Ada beberapa hal yang bisa menghambat datangnya rezeki manusia dan adapula amalan yang bisa memperlancar rezeki manusia.

Dalam Hadits dijelaskan bahwa hal yang menghambat rezeki adalah :

“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla,” (HR. Ahmad).

“Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan,” (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Adapun Hal yang Menghambat Datangnya Rezeki adalah :

1. Hilangnya Rasa Tawakal

Kita menggantungkan diri kepada selain Allah. Kita berusaha, namun usaha yang kita lakukan tidak dikaitkan dengan-Nya. Padahal, Allah itu sesuai prasangka hamba-Nya.
“Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya.” (QS. Ath-Thalaq [63]: 3).

Berkurangnya keyakinan terhadap Allah. Pemberi Rezeki adalah Allah. Maka mintalah kepada-Nya, jangan minta selain Allah. Apalagi sampai jadi ngemis sama manusia. Ngemis mah boleh, tapi ngemisnya ke Allah. Ngeluh sih juga boleh, tapi ngeluhnya ya ke Allah. Berkeluh kesahlah kepada Allah dengan memperbaiki kualitas ibadah dan keyakinan kita terhadap Kemahakuasaan-Nya.

Bahwa Allah-lah yang dapat mendatangkan rezeki bagi setiap makhluk-Nya. Dan Allah jualah yang akan mengambil kembali apa yang sudah diberikan-Nya. Kapan Allah mengambil kembali rezeki-Nya? Kalau saudara pergunakan rezeki itu untuk hal-hal yang diharamkan Allah. Punya usaha, keuntungannya dicicil untuk berzina. Baru dikasih untung sedikit saja, sudah berzina, bagaimana mau untung? Allah sebenarnya tidak benci.. Allah itu sayang. Allah bilang, kalau dikasih duit lebih banyak lagi nanti makin hancur, duit pas-pasan saja zinanya berkali-kali bagaimana kalau duitnya banyak.

2. Lupa dengan Kewajiban

"Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi" (QS. Al Munafikun: 9)

Banyak aktivitas kita yang membuat hubungan kita dengan Allah makin menjauh. Kita disibukkan oleh kerja, sehingga lupa shalat, lupa membaca Alquran, lupa mendidik keluarga, lupa menuntut ilmu agama, lupa menjalankan apa yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan. Akibatnya, pekerjaan kita tidak berkah.

Jika sudah demikian, jangan heran bila rezeki kita akan tersumbat. Idealnya, semua pekerjaan harus membuat kita semakin dekat pada Allah. Sibuk boleh, namun jangan sampai hak-hak Allah kita abaikan. Saudaraku, bencana sesungguhnya bukanlah bencana alam yang menimpa orang lain. Bencana sesungguhnya adalah saat kita semakin jauh dari Allah.

3. Memelihara sifat kikir

Dalam hal ini kita di anjurkan tidak pelit dengan sesama manusia melainkan saling tolong menolong agar dilancarkan rejeki oleh allah.
"Siapa pun yang pelit, niscaya hidupnya akan sempit, rezekinya mampet. Sebaliknya, sedekah adalah penolak bala, penyubur kebaikan, serta pelipat ganda rezeki. Sedekah bagaikan sebutir benih menumbuhkan tujuh butir, yang pada tiap-tiap butir itu terurai seratus biji. Artinya, Allah yang Mahakaya akan membalasnya hingga tujuh ratus kali lipat." (QS al- Baqarah [2]: 261).

"Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Ali Imran: 180).

4. Berusaha tidak memperdulikan halal atau haram

"Abu Hurairah berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu’alaihi wasalam suatu saat melewati seonggok makanan yang dijual di pasar. Lalu Rasulullah memasukkan tangannya ke dalam onggokan makanan itu hingga jari beliau menyentuh makanan yang basah. Rasulullah bertanya, “Apa ini wahai penjual makanan?” Penjual makanan menjawab, “Itu kena hujan wahai Rasulullah!” Rasulullah bersabda: “Mengapa tidak kamu letakkan yang basah itu di atas supaya dapat dilihat orang-orang? Barang siapa berbuat curang maka ia bukan golongan kami “"(HR Muslim).

Mungkin uang kita dapat, namun berkah dari uang tersebut telah hilang. Apa ciri rezeki yang tidak berkah? Mudah menguap untuk hal sia-sia dan tidak membawa ketenangan, sulit dipakai untuk taat kepada Allah serta membawa penyakit. Bila kita telanjur melakukannya, segera bertobat dan kembalikan harta tersebut kepada yang berhak menerimanya.

5.Gemar berbuat maksiat

Hindari dosa dosa besar terutama dosa dosa:

1. Syirik (Menyekutukan Allah)

Syirik adalah dosa besar penghalang rezeki, syirik adalah dosa yang tidak diampuni. Apabila ada orang yang meninggal dalam keadaan masih syirik maka ia akan berada dalam neraka selamanya.

2. Meninggalkan Sholat Sholat adalah wajib,

Meninggalkan sholat adalah dosa besar. Ada baiknya anda selalu menjaga sholat anda, sebisa mungkin ditunaikan. Sebaiknya ketika panggilan Allah (azan) berkumandang segeralah penuhi panggilannya, jangan ditunda. Nggak mau juga kan rezekinya ditunda oleh Allah.

3. Durhaka Kepada Orang Tua

Surga ditelapak kaki ibu, durhaka kepada kedua orang tua sama saja menjauhkan diri dari surga. Sekaligus menjauhkan dari rezeki yang halal.

4. Zina

Bagaimanapun jangan pernah melakukan zina. Hukuman orang yang berzina sangatlah berat dan juga termasuk dari dosa besar.

5. Rizki Haram

Perolehlah rizki dengan cara yang halal, dengan usaha yang halal. Rizki yang diperoleh secara haram bisa memutus rizki halal karena rizki haram adalah termasuk dosa besar penghalang rezeki halal.

6. Minum Khamr

Minuman keras atau khamr merupakan minuman yang memabukkan. Terdapat banyak hal yang mudharat pada khamr ini. Jauhilah khamr karena Allah.

7. Memutus Silaturahim

Memutus silaturahim merupakan hal yang menghalangi rezeki, sebaliknya menyambung silaturahim adalah hal yang mendatangkan rezeki.

8. Menuduh dan Bersaksi Palsu

Hati hati dengan ucapan anda, mulutmu harimaumu. Terkadang mulut susah untuk dikendalikan, tapi cobalah berkata yang baik atau diam.

9. Kikir dan Pelit

Kikir merupakan dosa penghalang rezeki, jauhilah kikir. Sebaliknya dermawan, suka menolong merupakan sikap yang mendatangkan rezeki.

10. Ghibah

Ghibah atau gosip, membicarakan keburukan orang merupakan dosa besar! Awas, ghibah juga bisa dalam acara televisi .

Subscribe to receive free email updates: