--> .

Manfaat Sholat Tahajjud untuk Kesehatan

Manfaat Sholat Tahajjud untuk Kesehatan

Manfaat Sholat Tahajjud untuk Kesehatan - Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Maka dari kita harus menjaga kesehatan badan, apakah anda tahu bahwa sholat tahajud sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ? Maka dari itu akan ada pembahasan tentang manfaat sholat tahajjud bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan


  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sholat tahajud merupakan salah satu kebiasaan orang-orang sholeh sejak jaman dahulu. Nabi Muhammad sendiri tidak pernah meninggalkan sholat tahajud walaupun saat beliau sedang sakit. Nabi Muhammad pernah bersabda yang isinya mengajak kita untuk melaksanakan sholat tahajud karena selain sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, sholat tahajud juga bisa menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. 

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا 
"Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari." [Al-Insaan/76: 25-26].

  • Menjadikan Penampilan Lebih Menarik

Manfaat sholat tahajud yang kedua adalah menjaga penampilan lebih menarik. Seperti hadits yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang isinya adalah jika ada seseorang yang melaksanakan sholat tahajud di malam hari, maka pada siang harinya Allah akan menjadikan wajahnya tampan atau cantik. Tentu yang dimaksud tampan atau cantik disini bukanklah hanya cantik secara lahir saja, melainkan cantik secara lahir dan batin.


  • Terhindar dari Penyakit Infeksi Pernafasan

Penyakit yang disebabkan oleh virus salah satunya adalah penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau biasa singkat dengan istilah ISPA. Selain penyakit ini di sebabkan oleh pengaruh kondisi dalam penyebarannya, namun gaya hidup yang sehat dipercaya dapat mencegah penularan penyakit ISPA dan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, menurut salah satu pakar kesehatan Universitas Indonesia, sholat tahajud dapat bermanfaat untuk mendukung gaya hidup sehat tersebut.


  • Mencegah Penyakit Pinggang Setelah Bangun Tidur

Jika sholat tahajud di lihat dari gerakan sholatnya, maka gerakan-gerakan sholat tersebut secara medis memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan kita membiasakan diri untuk banngun malam dalam rangka melaksanakan sholat tahajud, maka kita akan terhindar dari penyakit pinggang yang banyak menyerang orang-orang yang terlalu banyak tidur. 


  • Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung dan Memperpanjang Usia

Sholat tahajud dapat memberikan ketenangan jiwa yang dimana berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli, menyebutkan bahwa sistem imun tubuh akan meningkat seiring dengan adanya ketenangan di dalam tubuh. Sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan sekaligus akan memperpanjang usia.


  • Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Jika kita lihat, bangun malam ketika sholat tahajud merupakan di saat yang tepat ketika tubuh kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang baik. Karena pasokan oksigen mulai pukul tiga dini hari hingga subuh akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Dengan pasokan oksigen tersebut, badan kita akan lebih segar dan aliran darah menjadi lebih lancar.

0 Response to "Manfaat Sholat Tahajjud untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel